Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Bidang Fisik dan Prasarana

Bidang Fisik dan Prasarana, melaksanakan tupoksi :

  1. Memimpin pelaksanaan tugas bidang Fisik & Prasarana yang meliputi Sub Bidang Tata Ruang & Lingkungan Hidup dan Sub Bidang Sarana & Prasarana Kota;
  2. Menyusun rencana & program kerja Bidang Fisik & Prasarana;
  3. Mendistribusikan pekerjaan & memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada Bawahan;
  4. Mengkoordinasikan & mengendalikan kegiatan bawahan;
  5. Membimbing kerja bawahan & mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja;
  6. Merumuskan kebijakan perencanaan pembangunan di bidang Fisik Prasarana;
  7. Merumuskan pedoman & petunjuk teknis perencanaan pembangunan di bidang Fisik & Prasarana;
  8. Mengarahkan, merumuskan & menyusun rencana kegiatan di bidang Fisik & Prasarana;
  9. Mengkoordinasikan & merumuskan RPJPD, RPJMD & RKPD Kota Bogor;
  10. Merumuskan RPJPD, RPJMD & RKPD lingkup bidang Fisik & Prasarana;
  11. Merencanakan penyusunan & penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota;
  12. Merumuskan hasil evaluasi kinerja SKPD sehubungan dengan pencapaian Target kinerja dalam RPJMD & Renja SKPD lingkup bidang Fisik & Prasarana;
  13. Mengkoordinasikan penyusunan & evaluasi RTRW atau perencanaan lain yang Setingkat;
  14. Mengkoordinasikan penyusunan pedoman peraturan teknis pemanfaatan ruang dan penyusunan sistem informasi geografis (SIG) bidang Fisik & Prasarana
  15. Mengkoordinasikan, mengandalikan & mensinkronisasikan pemanfaatan ruang;
  16. Merumuskan anggaran bidang fisik prasarana sebagai bahan pembahasan Dengan SKPD terkait;
  17. Menyusun & mengevaluasi program tahunan yang berkaitan dengan kegiatan Di bidang fisik & prasarana;
  18. Mengkoordinasikan & menganalisa lebih lanjut perumusan perencanaan bidang fisik & prasarana;
  19. Mengkoordinasikan & mengevaluasi usulan masyarakat hasil musrenbang bidang fisik & prasarana;
  20. Mengkoordinasikan penyusunan SOP, SPM beserta indikator kinerja bidang fisik & prasarana;
  21. Mengkaji & menganalisa RKA dan DPA SKPD sesuai dengan bidang tugasnya;
  22. Merumuskan penyusunan RKA & DPA serta mengendalikan DPA bidang fisik & prasarana;
  23. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait;
  24. Memberikan saran pertimbangan kepada atasan;
  25. Menyusun laporan & pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan bidang fisik & Prasarana;
  26. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya

Dalam pelaksanaan Tupoksi dibantu oleh 2 Sub Bidang :

A. Sub Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, melaksanakan tupoksi :

  1. Memimpin pelaksanaan tugas sub bidang tata ruang dan lingkungan hidup
  2. Menyusun rencana & program kerja sub bidang tata ruang dan lingkungan hidup;
  3. Mendistribusikan pekerjaan & memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4. Membimbing, mengendalikan & mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja;
  5. Menyusun konsep kebijakan perencanaan di bidang tata ruang & lingkungan hidup skala kota;
  6. Mengumpulkan bahan & menyusun konsep pedoman serta petunjuk teknis pembinaan di bidang tata ruang & lingkungan hidup skala kota;
  7. Menyusun konsep naskah dinas yang berkaitan dengan sub bidang tata ruang & lingkungan hidup;
  8. Menyusun RPJPD, RPJMD & RKPD lingkup tata ruang & lingkungan hidup;
  9. Melaksanakan penyusunan & penetapan RTRW Kota;
  10. Melaksanakan penyusunan & penetapan ruang terbuka hijau secara makro;
  11. Melaksanakan penetapan kriteria penentuan & perubahan fungsi ruang kawasan/lahan wilayah secara makro dalam rangka penyelenggaraan penataan ruang;
  12. Merencanakan sosialisasi Norma, Standar, Prosedur & Kriteria (NSPK) bidang penataan ruang (makro);
  13. Melaksanakan pengembangan sistem informasi & komunikasi penataan ruang secara makro;
  14. Melaksanakan penyebarluasan informasi rencana tata ruang kepada masyarakat;
  15. Melaksanakan penyusunan Rencana Induk/Master Plan;
  16. Melaksanakan perumusan program sektoral dalam rangka perwujudan struktur & pola pemanfaatan ruang wilayah kota;
  17. Melaksanakan pengelolaan pemberian surat keterangan tentang pemanfaatan ruang;
  18. Menganalisis data, informasi & masalah tata ruang, tata guna tanah & lingkungan hidup secara makro sebagai bahan perumusan lebih lanjut;
  19. Melaksanakan pemantauan, pengendalian & evaluasi pelaksanaan program terkait pencapaian RPJPD & RPJMD Kota terkait bidang kerja tata ruang & lingkungan hidup; t. Melaksanakan pemantauan, pengendalian & evaluasi pelaksanaan program terkait pencapaian rencana kerja SKPD terkait bidang kerja tata ruang & lingkungan hidup;
  20. Melaksanakan penyusunan program & anggaran di bidang tata ruang & lingkungan hidup;
  21. Membangun & mengelola sistem informasi geografis (SIG) bidang bidang tata ruang & lingkungan hidup serta informasi pembangunan Kota Bogor;
  22. Melaksanakan sosialisasi tata ruang kepada seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan SPM ketataruangan;Memeriksa & mengevaluasi hasil musrenbang sesuai dengan bidang kerja tata ruang & lingkungan hidup;
  23. Menyusun konsep SOP & SPM beserta indikator kinerja sub bidang tata ruang & lingkungan hidup;
  24. Meneliti & menganalisa RKA & DPA SKPD sesuai bidang tugasnya;
  25. Menyusun RKA & DPA serta melaksanakan DPA sub bidang tata ruang & lingkungan hidup;
  26. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi;
  27. Memberikan saran pertimbangan kepada atasan;
  28. Menyusun laporan & pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan sub bidang tata ruang & lingkungan hidup;
  29. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya.

Sub Bidang Sarana dan Prasarana Kota, melaksanakan tupoksi :

  1. Memimpin pelaksanaan tugas sub bidang sarana & prasarana kota;
  2. Menyusun rencana & program kerja sub bidang sarana & prasarana kota;
  3. Mendistribusikan pekerjaan & memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepadabawahan;
  4. Membimbing, mengendalikan & mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja;
  5. Menyusun konsep kebijakan perencanaan di bidang sarana & prasarana kota;
  6. Mengumpulkan bahan & menyusun konsep pedoman serta petunjuk teknis pembinaan di bidang sarana & prasarana kota;
  7. Menyusun konsep naskah dinas yang berkaitan dengan sub bidang sarana & prasarana kota;
  8. Menyusun RPJPD, RPJMD & RKPD lingkup sub bidang sarana & prasarana kota;
  9. Melaksanakan pemantauan, pengendalian & evaluasi pelaksanaan program terkait pencapaian RPJPD & RPJMD Kota terkait bidang sarana & prasarana kota;
  10. Melaksanakan monitoring & evaluasi program terkait pencapaian RPJM & rencana kerja SKPD terkait bidang sarana & prasarana kota;
  11. Menyusun rencana yang setingkat dengan perencanaan masterplan & studi kelayakan yang terkait bidang kerja Sarana & Prasarana Kota;
  12. Mengevaluasi hasil musrenbang sesuai dengan bidang kerja Sarana & Prasarana;
  13. Melaksanakan pemantauan, pengendalian & evaluasi perencanaan pembangunan bidang sarana & prasarana kota untuk bahan kajian lebih lanjut;
  14. Melaksanakan perencanaan anggaran lingkup sub bidang sarana & prasaran kota;
  15. Menyusun rumusan pemecahan masalah sarana & prasarana kota sebagai bahan penyusunan program & perencanaan pembangunan;
  16. Meneliti & menganalisa RKA & DPA SKPD sesuai dengan bidang tugasnya;
  17. Menyusun RKA & DPA serta melaksanakan DPA sub bidang sarana & prasarana kota;
  18. Menyusun konsep SOP, SPM beserta indikator kinerja sub bidang sarana & prasarana kota;
  19. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi;
  20. Memberikan saran pertimbangan kepada atasan;
  21. Menyusun laporan & pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan sub bidang sarana & prasarana kota;
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya.
Info Info Penelitian Galeri