Rakor Pramuka, Kak Dedie Ingatkan Pentingnya Tata Kelola Anggaran

Mengawali masa baktinya pasca dilantik pada akhir tahun 2020 lalu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A Rachim kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama sejumlah jajaran pengurus di Kantor Sekretariat Kwarcab Pramuka, Jalan Papandayan, Senin (22/2/2021) pagi.
Didampingi Ketua Harian, Syarifah Sofiah, Kak Dedie, sapaan akrab di pramuka menyampaikan beberapa hal penting terkait persiapan pelaksanaan kegiatan di Gerakan Kwarcab Pramuka Kota Bogor tahun 2021 ini.
Beberapa hal penting yang dibahas tersebut diantaranya mengenai tata kelola anggaran Pramuka Kota Bogor kedepan dituntut harus bisa lebih efisien, akuntabel dan transparan dalam administrasi.
"Rapat koordinasi ini dilakukan dalam rangka persiapan rencana pelaksanaan kegiatan Kwarcab Pramuka Kota Bogor tahun 2021 ini. Tentu tadi kita awali pembahasan terkait pengelolaan serapan anggaran di Pramuka Kota Bogor. Ke depan harus bisa lebih akuntabel, lebih efisien, lebih transparan, dan lebih baik hasil serta capaiannya," ujar Dedie.
Untuk tahun ini, Dedie menyampaikan bahwa adanya penurunan besaran nilai anggaran yang akan diterima Kwarcab Pramuka Kota Bogor yakni senilai Rp 794 Juta. Jika dibandingkan tahun 2020 lalu, besaran nilai dana hibah yang dikucurkan untuk pramuka mencapai Rp 1,25 Miliar.
"Tentu kita masih dalam situasi pandemi, kucuran anggaran juga masih belum bisa maksimal karena kita melihat dari sisi kemampuan anggaran daerah Kota Bogor pun saat ini masih sangat terbatas," ujarnya.
Masih dikatakan Dedie, pada pembahasan rapat koordinasi tersebut pada intinya ia meminta kepada seluruh jajaran pengurus Kwarcab Pramuka Kota Bogor agar tetap semangat dalam melaksanakan tugas-tugas sosial, disamping keterbatasannya anggaran di tahun ini.
"Jadi, kita masih terus berusaha semaksimal mungkin dalam menyesuaikan kegiatan mana saja yang memang akan menjadi prioritas di tahun 2021 ini dan kegiatan apa yang kira-kira bisa kita tunda dahulu karena memang belum prioritas," paparnya.
Karena masih berada di situasi pandemi, Wakil Wali Kota Bogor ini berharap kepada seluruh pramuka untuk terlibat aktif di garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bogor khususnya.
Seperti diketahui, Kota Bogor saat ini sedang menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan penerapan Ganjil - Genap bagi kendaraan pribadi di setiap akhir pekan.
"Tentu kita sangat ingin berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam memerangi corona virus ini. Pada PPKM dan penerapan Ganjil - Genap setiap akhir pekan, kita menurunkan dua orang anggota pramuka di setiap posko penyekatan. Saya sih berharap sekali pramuka bisa lebih aktif menyosialisasikan dari sisi pencegahan dan himbauan kepada masyarakat," harapnya.
Dalam rapat koordinasi Kwarcab Pramuka Kota Bogor itu turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Koperasi Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Deddy D. Karyadi, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor, M. Nurnawaly dan sejumlah pengurus di sekretariat kwarcab.( Prokompim )