Wali Kota Bogor Pimpin Apel Siaga Pergantian Malam Tahun Baru

Sedikitnya ratusan personil dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan BPBD mengikuti Apel Siaga Pergantian Malam Tahun Baru di Mako Polresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kamis (31/12/2020). 
Dipimpin langsung Wali Kota Bogor Bima Arya, Apel Siaga Pergantian Malam Tahun Baru ini memfokuskan  pada titik kerumunan demi mencegah penularan Covid-19. 
Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, setiap malam menjelang pergantian tahun menjadi kegiatan rutin bagi abdi negara untuk memastikan pergantian tahun berjalan dengan tertib dan menihilkan ancaman gangguan Kamtibmas. Namun saat ini situasi dan kondisi agak berbeda akibat pandemi Covid-19.
"Di Kota Bogor, Pandemi Covid-19 masih jauh dari aman dan terkendali. Angka-angka menunjukkan Covid-19 masih jadi ancaman serius, lonjakan kasus dengan rata-rata diatas 70, masih ada 950 orang yang dirawat dan 128 warga Kota Bogor meninggal yang sebagian besar terjadi di klaster keluarga, aktivitas di perkantoran dan interaksi di tempat umum," ujar Bima Arya.
Bima Arya menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah mengeluarkan kebijakan tegas dan jelas, yakni pembatasan jam malam. Terhitung 31 Januari sampai 3 Desember 2021 jam operasional dibatasi sampai 19.00 WIB. Tak ayal, pihaknya memastikan tidak ada kegiatan ekonomi, atau toko, mal, restoran, rumah makan yang masih buka."Jika masih ada kegiatan yang melanggar kebijakan akan ditindak sesuai aturan, teguran lisan, penutupan sementara dan pencabutan izin," tegasnya.
Ia menerangkan, kebijakan ini fokus pada mal, restoran dan toko. Sementara tempat makan kaki lima serta warung kecil masih diperbolehkan buka sejauh mentaati protokol kesehatan. Pasalnya, di masa Pandemi ini sudah seharusnya bersimpati dan mendukung kegiatan ekonomi terutama yang menengah kebawah.
"Sejauh mentaati prokes dan mencegah kerumunan. Kalau ada kerumunan kami tindak tegas dan bubarkan. Kami akan fokus di beberapa titik yang setiap tahun baru selalu jadi pusat keramaian. Sebut saja, Bogor Nirwana Residence, Jalan Sudirman, Jembatan Merah dan Seputar Pajajaran," imbuhnya.
Sementara itu, Wakapolresta Bogor Kota, AKBP M. Arsal Sahban mengatakan, usai  melaksanakan apel pengamanan tahun baru, seluruh pasukan yang terlibat di seluruh pengamanan segera bergerak ke titiknya masing-masing. Hal ini sesuai instruksi Wali Kota Bogor, toko, tempat wisata, kafe, mal, tempat makan harus sudah tutup pukul 19.00 WIB.
"Kami berharap sudah tidak ada lagi kerumunan atau toko, mal, restoran, kafe yang masih buka. Sekitar ribuan personil dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP akan terlibat di kegiatan operasi kemanusiaan ini," pungkasnya. (Prokompim :fla/indra/adit-SZ)