Matangkan Pembangunan BIRR, Dedie Minta Kontribusi Lahan dari Para Pengembang

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih terus mematangkan rencana kelanjutan pembangunan akses jalan Bogor Inner Ring Road (BIRR) dengan melakukan pertemuan-pertemuan serta pembahasan teknis bersama sejumlah dinas dan stakeholder terkait belakangan ini.
Dalam hal ini, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim kembali menggelar rapat koordinasi teknis guna menindaklanjuti progres pembangunan jalan akses BIRR Trase Kertamaya dengan menghadirkan sejumlah pejabat di Pemkot Bogor dan pihak pengembang Pakuan Hill & Monte Carlo di Kalaras Backyard Cafe, Selasa (29/12/2020) sore.
"Pemkot Bogor masih terus mematangkan rencana kelanjutan pembangunan BIRR dengan memastikan kontribusi tanah untuk keperluan ruas jalan dari beberapa pengembang," ujar Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.
Dari rapat koordinasi teknis kali ini, Dedie ingin memastikan berapa total area luasan lahan yang dihibahkan pengembang kepada Pemkot Bogor serta berapa kebutuhan jumlah lahan yang harus dibebaskan oleh Pemkot Bogor nantinya.
"Target tahap ini adalah memastikan total area luasan lahan yang sudah siap dihibahkan kepada Pemkot dan berapa luas lahan yang harus dibebaskan Pemkot. Untuk selanjutnya akan review DED dan koordinasi dengan berbagai pihak yang dapat membantu percepatan pembangunan seperti Kantor Sekretariat Presiden, Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," ungkapnya.
Di lokasi yang sama, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudy Mashudi, menegaskan tentang tindak lanjut BIRR Trase Kertamaya tersebut rencananya akan melalui lahan perumahan Pakuan Hill. Pihak pengembang menyampaikan bahwa lahan tersebut dapat dikontribusikan sepanjang 500 meter dengan lebar ROW 40 meter.
"Kami harap dapat dilakukan proses kerja sama untuk penyerahan hibah lahan pengembang tersebut untuk kepentingan sarana umum akses jalan BIRR," katanya.
Sementara proses selanjutnya dari pertemuan tersebut, kata Rudy, pihak Pemkot Bogor akan mengecek ke lokasi lahan yang akan melintasi perumahan Pakuan Hill. Dia berharap proses serah terima hibah dapat dilaksanakan pada akhir Januari 2021.
Seperti diketahui sebelumnya, Pemkot Bogor telah melakukan rapat koordinasi teknis dengan pengembang Bogor Nirwana Residence yang dikelola oleh PT GAP dan PT Suryamas, pengelola Rancamaya Golf. (Prokompim)