Malam Pergantian Tahun di Kota Bogor Kondusif, Bima Arya: Terimakasih Warga yang Sudah Patuh

Suasana Kota Bogor pada malam pergantian tahun cenderung sepi dan kondusif. Hal tersebut seperti Wali Kota Bogor Bima Arya pantau saat berpatroli bersama jajaran TNI/Polri, Kamis (31/12/2020) malam hingga Jumat (1/1/2021) dini hari. 
Menggunakan kendaraan roda dua, patroli dimulai dari Balai Kota Bogor. Titik-titik yang menjadi sasaran adalah lokasi yang biasanya selalu ramai saat malam pergantian tahun. Di kawasan Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah, jajaran membubarkan kerumunan. Bima Arya kemudian memerintahkan Satpol PP untuk bersiaga di titik ini agar tidak kembali terjadi kerumunan.
Patroli dilanjutkan ke arah Warung Jambu, Bogor Utara dan Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sareal. Di sini tidak tampak aktivitas yang menonjol. Titik yang biasa ramai lainnya adalah kawasan BNR, Bogor Selatan. Namun sudah diantisipasi dengan menerjunkan petugas gabungan. 
Selain patroli, Bima Arya bersama Danrem 061/Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Robby Bulan dan Wakapolresta Bogor Kota AKBP Arsal Sahban juga meninjau posko pengamanan terpadu dan memberikan logistik sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas yang bekerja 24 jam.
Titik akhir patroli adalah di pusat kota, yakni kawasan Tugu Kujang, Bogor Tengah. Kawasan ini kerap ramai pada setiap malam pergantian tahun. Namun, untuk tahun ini terpantau sangat sepi.
“Jadi tepat jam 12 (malam) ini kita berada di satu titik pusat kota, yakni Tugu Kujang yang biasanya ramai sekali, padat sekali, macet sekali, tapi malam ini Alhamdulillah landai dan kondusif,” ungkap Bima Arya.
“Kami berterimakasih kepada masyarakat Kota Bogor yang telah mentaati imbauan pemerintah, untuk tidak keluar, untuk tidak merayakan (malam pergantian tahun). Dan saya terimakasih kepada Pak Danrem, Pak Dandim dan Pak Kapolres yang bersama-sama menjaga ketertiban kota hingga malam pergantian tahun ini berjalan tertib. Jadi semuanya berjalan lancar sesuai dengan skenario,” tambahnya.
Sementara itu, Danrem 061/Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan bahwa tidak ada ekses apapun dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 tidak menonjol. “Maka kami berterimakasih, artinya kepada masyarakat wilayah Bogor dan wilayah 5 Kodim (dibawah Korem 061/SK) yang menjaga dan mematuhi imbauan pemerintah,” kata Danrem.
Ia menambahkan, patroli semacam ini akan terus dilakukan jajarannya bersama Polri dan pemerintah daerah karena ancaman Covid-19 masih mengintai. Kehadiran vaksin di awal 2021 nanti, kata dia, akan memberikan harapan baik bagi masyarakat. “ 
“Kita tetap lanjut, karena kita tidak tahu 2021 akan seperti apa. Tapi ada harapan vaksin, mudah-mudahan memberikan harapan yang bagus. Tapi tetap kita laksanakan protokol kesehatan (sambil menunggu vaksinasi). Mari kita jaga protokol kesehatan, termasuk menjauhi kerumunan-kerumunan,” pungkasnya. (prokompim)