Program Benah Kampung, Bima Arya : Bojongkerta Punya Potensi

Kelurahan Bojongkerta menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dengan tema Penguatan Daya Saing Daerah Melalui Percepatan Pemulihan Ekonomi Berbasis Ekonomi Lokal di Halaman SDN 1 Bojongkerta, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (10/12/2020). Pada Musrenbang ini, turut hadir Wali Kota Bogor, Bima Arya yang memberikan beberapa arahannya.
"Esensi Musrenbang itu mencari titik temu mana yang akan diprioritaskan dan disepakati bersama," ujar Bima Arya.
Bima Arya mengatakan, terkait prioritas, urutannya yang pertama yang kondisinya dirasa sudah darurat atau mengancam keselamatan, seperti Tembok Penahan Tanah (TPT) dan jembatan. Urutan kedua, pelayanan ke warga meski tidak darurat tapi dibutuhkan, seperti Penerangan Jalan Umum (PJU) dan perbaikan posyandu dan prioritas ketiga terkait dengan potensi wilayah yang ingin dikembangkan.
"Kalau Bojongkerta ingin menjadi wilayah yang paling maju di Kota Bogor tidak bisa hanya sekedar tambal sulam, harus ada potensi yang dikembangkan agar wilayah bisa cepat maju. Apalagi Bojongkerta satu dari enam wilayah yang terpilih untuk benah kampung," jelasnya.
Wali Kota melanjutkan, sebagai wilayah yang terpilih di benah kampung, Bojongkerta memang mempunyai potensi besar dengan catatan harus guyub dan kompak. Pasalnya, di benah kampung ini targetnya bukan saja keindahan ragawi, tetapi juga bisa dirasakan manfaatnya dan kesejahteraan warga meningkat.
"Saya nitip pak Lurah harus yang paling depan membuat kesepakatan dengan warga. Kalau benah kampung Lurahnya harus hebat, harus canggih komunikasi dengan warga dan mau berkorban waktu," imbuhnya.
Di tempat yang sama, Lurah Bojongkerta, Sunandar mengatakan, terkait rencana benah kampung Bojongkerta akan dilakukan di RW 04 yang letaknya di pinggir Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Dipilihnya RW 04 ini karena merupakan gerbang masuk Kelurahan Bojongkerta ditambah kultur budaya masyarakat yang guyub dan agamis.
"Rencananya melalui benah kampung ini, akan dibuat taman wisata berupa taman bermain dan taman religi dan pembangunan posyandu. Kami juga akan membangun sentra kuliner dan pelatihan serta infrastruktur gerbang masuk Kelurahan, PJU dan pengelolaan sampah," pungkasnya. (Prokompim :fla/adit/arvan-SZ)